APLIKASI PENGOLAH NILAI UJIAN MI 2014, DISESUAIKAN DENGAN ANALIS VERSI KEMENAG


Assalaamu 'alaikum Wr. Wb.

Cukup pusing juga saya membuat (siapa nyuruh!!!) APLIKASI PENGOLAH NILAI UJIAN MI 2014, karena terlalu sering berubahnya peraturan, (maaf, bukan tujuanku mengolok-olok, tapi hanya merasa cukup pusing oleh peraturan dan format yang berubah terus).



Sudah tiga kali saya membuat dan merubah APLIKASI PENGOLAH NILAI UJIAN MI 2014, dengan tujuan menyesuaikan dengan aturan yang ada, akhirnya kali ini (saya janji, ini yang terakhir merevisi APLIKASI PENGOLAH NILAI UJIAN MI 2014).

APLIKASI PENGOLAH NILAI UJIAN MI 2014 versi terakhir ini format Analis kelulusannya sudah disesuaikan dengan yang dibuat Kemenag, dan telah tercantum pada POS UJIAN MI 2014.

Terima kasih kepada pihak yang telah menerbitkan POS UJIAN MI 2014. karena dengan format itulah saya membuat acuan untuk dijadikan APLIKASI PENGOLAH NILAI UJIAN MI 2014.

APLIKASI PENGOLAH NILAI UJIAN MI 2014, disusun dengan tujuan meringankan beban kerja penyusunan nilai bagi guru Madrasah Ibtidaiyah, dan dibagikan kepada yang merasa membutuhkan. Namun mohon maaf kepada rekan rekan MI yang jumlah mata pelajarannya melebihi 15, belum dan mingkin tidak akan sempat saya buatkan. karena sekalipun kelihatannya sepele, tapi dalam penyusunan APLIKASI PENGOLAH NILAI UJIAN MI 2014 ini, harus diubah secara menyeluruh pada tiap bagian yang jumlah sheet nya lebih dari 15 halaman, sekali lagi mohon maaf. heheheh tapi kalau yang melebihinya hanya satu alias 16 mapel sudah ada tuh!!!!

APLIKASI PENGOLAH NILAI UJIAN MI 2014 versi terakhir kali ini, dibuat untuk lebih mempermudah beberapa perumusan, misalnya Menentukan urutan dan nama mata pelajaran, (disarankan hanya untuk mata pelajaran MULOK) saja. dan yang tidak kalah pentingnya adalah terdapat tambahan tempat menuliskan SKL, karena pastinya SKL akan berbeda beda di setiap Satuan Pendidikan, pemberian input SKL saya letakkan disebelah nama mata pelajaran pada halaman ISI DATA PESERTA DAN PENYELENGGARA :


Dengan format Aplikasi semacam ini, kita bisa langsung mengetahui, siswa mana yang tidak memenuhi SKL, dan terlihat pada keterangan "TIDAK LULUS"

Tentunnya Final Vonis "LULUS atau TIDAK LULUS" itu akan valid bila semua halaman nilai sudah terisi, mulai dari Nilai Raport semester 7 hingga semester 11.(terakhir saya dapat info bahwa nilai raport yang di input hanya sampai semester 11, seperti UN tahun 2011), ini yang saya maksud tidak tegas!!!, karena ketika ditanyakan pada yang diatas sana, tentang input nilai raport Semester 12????, jawabnya ringan ....... "DISIAPKAN SAJA",     heheheheh

Ketentuan lulus atau tidak lulus, akan muncul secara otomatis, dan jangan kaget! bila banyak yang TIDAK LULUS, yaaaaah karena nilai US belum di input, (gimana mau input, orang nilainya juga belum diberikan dari Kemdiknas ke MI)


Bila dibanding dengan APLIKASI PENGOLAH NILAI UJIAN MI 2014 versi sebelumnya, akan terlihat beberapa perubahan pada Proses input data Peserta/Penyelenggara, dimana pada versi terbaru kali ini di sisipkan input data nama dan urutan mata pelajaran, dan juga input SKL tiap mata pelajaran, silakan sesuaikan dengan keadaan setempat, halaman yang lain akan kelihatan masih seperti biasa, kecuali halaman awal yang saya rubah tampilannya saja.
input data hanya ada pada halaman :


1. ISI DATA PESERTA DAN PENYELENGGARA (edit MAPEL dan SKL) cukup disini saja.

2. ISI NILAI RAPORT SEMESTER 7-11
(input nilai raport masih menggunakan pola 1-100, tanpa koma)

3. ISI NILAI UM (Ujian Madrasah)

4. ISI NILAI US (Ujian Sekolah) 3 mapel, BI, MTK dan IPA

5. ISI NILAI UP (Ujian Praktek)


Dengan hanya meng input data pada 5 halaman tersebut, maka 4 halaman lainnya :

6. PRINT ANALIS KELULUSAN

7. NS, (barangkali UPTD akan meminta seperti tahun lalu)
8. RAPORT MAPEL US (barangkali UPTD akan meminta seperti tahun lalu)
9. FORMAT IJAZAH,  (print dan gunakan untuk menyadur dalam pengisian blanko ijazah MI, semoga saja format ijazahnya sesuai dengan analis kelulusan yang telah diterbitkan, bila terynata nantinya format ijazah tidak sama dengan format analis kelulusan,,,,,,,,,,,, siapa yang "KURANG PINTER???" heheheheh), pastinya tetep saya dooonk!


Bagi yang sudah terlanjur, menginput data pada APLIKASI PENGOLAH NILAI UJIAN MI 2014, versi sebelumnya, sebaiknya copy dan paste values pada APLIKASI PENGOLAH NILAI UJIAN MI 2014 versi terbaru ini, dan jangan lupa inputkan SKL tiap mapel pada KOLOM yang tersedia di halaman ISI DATA PESERTA DAN PENYELENGGARA

Demikian Posting APLIKASI PENGOLAH NILAI UJIAN MI 2014 versi terbaru kali ini, belum ada kata terlambat, karena nilai US juga belum bisa di input

untuk mendapatkan  APLIKASI PENGOLAH NILAI UJIAN MI 2014 versi terbaru disesuaikan dengan ANALIS KELULUSAN versi KEMENAG, silakan unduh :
(mohon maaf bahwa akhir akhir ini download dari ziddu tidak match bila menggunakan aplikasi downlad manager, karena itu saya sarankan nonaktifkan dulu atau uninstall dulu aplikasi download manager, dan mengunduh dengan alat pengunduh browser secara default)

DISINI untuk MI dengan mapel standar 3 muatan lokal (15 Mapel)4060

DISINI untuk MI dengan tambahan 4 muatan lokal (16 mapel)4060

dua link diatas itu untuk versi 40%xNilai Raport 60%x Nilai US (4060), karena Kebijakan Kemenag ditempat saya seperti itu.
tapi bila ada yang tetap mengacu pada 70%x Nilai Raport dan 30% Nilai US (7030), maka silakan download :

DISINI untuk MI dengan mapel standar 3 muatan lokal (15 Mapel)7030

DISINI untuk MI dengan tambahan 4 muatan lokal (16 mapel)7030

dan saya kira tidak perlu unprotect lagi, karena tinggal anda pilih sesuai kebutuhan dan keadaan masing masing MI

KENAPA DIPROTECT?????
biar pembaca membeli lisensi???? JELAS BUKAN, kalau ada yang inginPassword silakan klik DISINI

LALU KENAPA????
karena saya takut bila ada yang kurang teliti dalam mengEDIT, maka pasti hasilnya akan salah kaprah dan tidak lagi sesuai dengan yang inginkan.

JADI?????
untuk yang sudah menerima password unprotect, silakan edit sesuai kebutuhan, tapi saya ingatkan, harus DENGAN EXTRA HATI, HATI, bila ada  yang tidak benar rumusnya, maka pasti nilai siswa yang akan dirugikan.

Mohon maaf bagi rekan yg pesan melalui email, sementara ini Paket Data Internet saya sedang terkena FUP, kecepatan hanya 64 kbps, maka saya tidak bisa (sangat susah) sisipkan file diatas 1mb, kedalam email, saya telah mencobanya pada 4 akun email saya (abdulhamid google, abdulhamid.yahoo, mia.google dan mia.yahoo) tapi selalu gagal dan gagal lagi, mau beli voucher untuk membost paket data tapi lokasinya jauh, jadi (maaf) agak malas.

Terima kasih
Wassalaamu 'alaikum Wr. Wb.

bagikan Artikel ini melalui :

20 komentar

  1. Ass...pak mau nanya aplikasi yg kmaren di kirem ke email saya kok masih pakai 40% dn 60%...setau saya kan untuk skarang 30 dan 70%...mohon pencerahannya...trims...kalau ada aplikasi yg 30 dn 70 tlng di kirim ke email saya
    kangadien@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. www.
      ada, dan sebenarnya juga sudah saya upload, alias tinggal donload saja, tapi karena lagi banyak acara, jadinya belum sempat pasang link downloadnya pada posting ini,
      ini sj baru pulang nganter anak2 kls 6 jalan2 ke owabong dll
      lsg buka blog... brgkali ada yg lg butuh info

      brti sudah bisa edit mapel dan SKL ya???

      ya ini saya coba kirim yg 70-30 (bukan 30-70) via email
      ======================================
      Kemenag Brebes mah masih bertahan di 40-60....
      tunggu proses emailisasi ya~

      TAPI MOHON MAAF BILA GAGAL DI EMAIL silakan download sendiri pada link diatas(bila telah tersedia)

      SEBAB PAKET DATA SAYA SEDANG TERKENA FUP, JADI KECEPATAN HANYA 64kbps (amat sulit sisipkan file diatas 1 mega )

      Hapus
    2. file 7030 sudah dikirim, tapi dg cara khusus,

      Hapus
  2. Oke pak uda tak download dan baru tak coba...trims banyak pak....klo boleh minta caranyq buat aplikasi sperti itu gmana pak?..trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. caranya mudah... tapi butuh ketelitian dan ketelatenan yang tinggi
      hanya dengan membuat banyak sekali sheet tersembunyi pada excel utk menyiapkan sheet hasil yang diperlihatkan
      minta caranya boleh, tapi :

      1. sayang anjeun jauh dari sini, dan sy tdk mampu jelaskan via online, cz ilmu itu semi autodidak, hanya dg mempelajari aplikasi yg pernah dikirim baik dari kemenag maupun dinas, macam aplikasi BOS, Validasi Emis, LI, dll

      2. saya tak pernah secara khusus belajar kompi, awaqlnya cz MI punya kompi, jadi saya berusaha memahami system kerja kompi, (maklum background sy sblm jd gru adlh montir elektronic), jadi lebih mudah memahami dibanding rekan guru YL di mia (DARI CERITA INI , SY GAK BERANI NGAJARIN ORLA=MALU)

      3. gitu ceritanya, jadi mohon maaf

      Hapus
  3. Oke pak.. oh ya pak pada rata 2 rapot kok. Di bagi 10 Itu drai. Mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. o iya pada aplikasi yg dulu ada keterangan input raport menggunakan retansi 1-100

      (raport MI disini menggunakan retansi nilai 1-100, bukan 1-10)

      bila input raport menggunakan retansi 1-10 (misal 7,50 - 6,30 - 8,00 - 9,25 - dll) maka harus dibuang rumus /10 nya

      tapi akan lebih mudah bila membiarkan rumus /10 dan menginput nilai menggunakan retansi 1-100 (tanpa tanda koma) (misal : 60 - 61 - 76 - 89 - 90 - dll)

      Hapus
  4. Trims pak atas infonya

    BalasHapus
  5. pa abdul hamid knp tidak ad prin format ijazah UAMBN nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf karena tahun ini tidak akan ada ijazah uambn, jadi saya buang, biar ringan di downloadnya

      Hapus
  6. pak admin... mau nanya.... untuk tahun ajaran 2013/2014 presentase nilai itu apa sudah 70 30

    BalasHapus
    Balasan
    1. UPTD diwilayah saya awalnya menyampaikan 70-30
      tapi kemenag diwilayah saya tetap pada 60-40

      pada akhirnya UPTD diwilayah saya juga transisi ke 60-40

      Hapus
  7. pak kalok boleh mintak yang aplikasi format 70 30 kirim ke emai mima_margodadi@yah00.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh ... tunggu beberapa saat ... akan segera dikirim

      Hapus
    2. mima_margodadi@yah00.co.id
      sudah dikirim tapi failed permanently

      mungkin ada salah eja pak

      Hapus
    3. sudah ketemu pak dan sudah dikirim
      bapak salah tulis yahoo dengan yah00 (dua nol)

      lain waktu hati hati pak... jangan o ditulis 0 heheheheh

      Hapus
  8. terima kasih atas bantuannya dalam mempublikasikan aplikasi pengolahan nilai, saya sangat terbantu dengan adanya aplikasi ini semoga Allah Swt membalas

    BalasHapus
  9. pak gimana bikin aplikasi semacam ini? pakai program apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. UNTUK PAK HADIYANTO :
      CUKUP MUDAH PAK
      MENGOLAH RUMUS RUMUS EXCEL SAJA

      TAPI BUTUH KECERMATAN DAN KE TELATENAN
      GITU PAK

      Hapus