PENENTUAN PESERTA SERTIFIKASI 2014 UNTUK GURU RA/MADRASAH HAMPIR FINAL


Assalaamu 'alaikum Wr. Wb.

Proses Validasi dan verifikasi calon Peserta sertifikasi guru di lingkungan Kemenag tahun 2014, seharusnya telah selesai pada tanggal 31 Maret 2014, tapi mungkin karena pihak Kemenag masih takut tentang adanya data yang kurang valid (misalnya masih ada guru yang belum terdata), atau mungkin sebab lain, ternyata format validasi itu  diberikan kembali  melaui Penmad ke Madrasah, dan telah diselesaikan final validasinya oleh pihak Madrasah, serta sudah dikirim kembali oleh Madrasah ke Penmad pada hari jumat, 6 Juni 2014. Sekarang kita sedang menunggu proses yang akan dilakukan di Penmad, dan akan dilanjutkan ke Kanwil, kemudian bermuara di Dirjen Pendis, untuk ditetapkan menjadi calon peserta sertifikasi guru di lingkungan Kemenag tahun 2014.

Semoga Proses yang sedang berlanjut itu akan segera terselesaikan, mengingat dibelakang telah teramat banyak insan yang menunggu ketetapan tersebut.

Pada pelaksanaan Sertifikasi guru RA/Madrasah tahun 2014 nanti, akan ada 3 pintu  yang bisa dilalui oleh guru RA/madrasah, dan masing masing pintu akan bisa dimasuki oleh guru RA/Madrasah yang memenuhi persyaratan, tiga pintu sertifikasi itu adalah :

1. PSPL (Pemberian Sertifikat Pendidik secara Langsung)
2. PORTOFOLIO
3. PLPG

Menurut hasil terawangan saya, pintu yang akan paling bejubel dilalui peserta sertifikasi guru RA/Madrasah tahun 2014 adalah pintu ke 3 (PLPG). heheheheh

Hati hati, (sekedar sharing saja) ada beberapa faktor yang bisa memperlambat proses itu, dan akan saya sebutkan satu saja sebagai contoh, juga pada satu job sertifikasi yang akan dilalui melalui jalur PLPG. Yaitu yang diakibatkan input data dari Madrasah yang mendadak di modifikasi (bahasa alus), sedang bahasa kasarnya memanipulasi (DATA), demi agar guru tertentu bisa masuk ke daftar calon peserta sertifikasi guru di lingkungan Kemenag tahun 2014, terutama modifikasi/manipulasi data TMT guru bersangkutan.  Saya berani memaparkan ini karena sering hal ini dilakukan oleh (sedikit) Madrasah/operator Madrasah, baik itu terjadi karena memang tidak sengaja, karena kebijakan Madrasah, atau karena guru bersangkutan menuntut kepada Madrasah/operator Madrasah.

Bila kita membaca Peraturan yang dikeluarkan, TMT paling muda untuk bisa menjadi calon Peserta sertifikasi guru di lingkungan Kemenag tahun 2014 adalah 30 Desember 2005 (minimal 8 tahun masa kerja terhitung sampai tanggal 31 Desember 2013). Dari sinilah ada kemungkinan manipulasi data (konyol) yang dilakukan demi bisa masuk daftar, namun tidak menyadari bahwa data TMT tersebut telah tertera pada aplikasi EMIS dan juga telah terdata di padamu.siap.web.id???????

Untuk merubah itu semua, maka harus edit juga data EMIS yang sudah terlanjur dikirimkan!!!! dan harus login di padamu.siap.web.id (ribed kan)... itulah hebatnya IT.
\
Jadi bila kita merubah TMT ke tahun 2005, tanpa disertai edit data pada EMIS yang sudah terlanjur dikirimkan!!!! dan harus login di padamu.siap.web.id, maka hal itu pasti akan menjadi permasalahan baru dan tentunya akan menambah pekerjaan petugas validasi, yang akhirnya akan menghambat proses ini. Artinya akan mengganggu semuanya.

Ockeylah tak perlu lagi panjang lebar, silakan baca sendiri saja DISINI tentang segala peraturannya.
setelah membaca PDF itu, insya Allah semua akan menunggu8 dengan penuh kesabaran

Sekian semoga bermanfaat.

Wassalaamu 'alaikum Wr. Wb.


bagikan Artikel ini melalui :

6 komentar

  1. Asslmkm. Terima kasih atas infonya pa. Betul sekali, banyak dilapangan terdapat manifulasi data. yang ngajarnya baru 2 tahun ada yang masuk plpg... dan yang paling ngeri lagi yang sudah sertifikasi dan PNS tp ngjarnya kitu kitu wae gak ada perubahan. dan tidak memberikan contoh yg baik buat rekan2nya yang belum PNS dan blm sertifikasi.. saya mengharapkan sekali adanya Audit langsung kesekolah msing2 agar program pendidikan di Indonesia bisa tercapai sesuai tujuan pendidikan Nasional agar buat guru2 PNS yang sudah sertifikasi. jangan sampai mereka cuma ngambil uangnya aja smentara Kinerjanya msh gitu2 aja. Wsalm

    BalasHapus
    Balasan
    1. www
      kembali kasih
      saya tidak memvonis PNS atau nonPNS, prioritas pembahasan masalah sertifikasi, baik pNS maupun nonPNS, dilapangan hampir sama, tergantung personel YBS, tapi perlu diingat juga bahwa masih ada rekan PNS maupun nonPNS yang sesudah tersertifikasi lalu mampu menunjujkkan peningkatan kinerja yang cukup signifikan.

      berarti bijaksananya jangan pukul rata, apalagi mengklarifikasi dengan kategori PNS/nonPNS.

      terimakasih

      Hapus
  2. kirim data peserta sertifikasi guru kelas guru Non Pns th 2014

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum ada BOS
      terakhir... dua hari lalu Penmad masih terkendala data guru yang mengundurkan diri! ( baik dg alasan usia maupun karena sudah merasa punya pekerjaan yg lebih signifikan diluar mengajar)
      Beliau beliau diharuskan membuat surat pernyataan mengundurkan diri, dan masih banyak yang belum membuat.

      Hapus
  3. untuk plpg bansos 2012 atas nama surahmad nuptk 7858751654200002 nrg kok belum keluar ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Koq baru saya baru dengar ada plpg bansos pak???
      selama ini saya hanya tahu reguler dan kuota tambahan saja
      (berarti saya kuper kaleee yah???)

      untuk nrg peserta lulus plpg 2012 kuota tambahan memang entah mengapa begitu alot keluarnya???

      Hapus