Mengganti Minyak Rem Cakram (mudah … tapi harus hati-hati)


Untuk pemeliharaan sepeda motor tidak harus selalu kita datang ke Bengkel….

Yaaah dengan alasan … memperkecil biaya pengeluaran!!!

Ingat!!! Setelah Subsidi BBM dikurangi maka harga barang/jasa yang lain otomatis akan merangkak naik!

Jadi apa salahnya bila kita memberanikan diri untuk terbiasa mengatasi beberapa masalah kecil pada sepeda motor kita




Contohnya adalah penggatian / penambahan minyak rem (rem cakram)

Dibawah ini saya uraikan contoh  yang sudah biasa saya lakukan tentunya setelah mempelajari refernsi baik yang saya peroleh dari Bengkel Resmi Sepeda Motor maupun dari teman-teman bengkel yang biasa saya kunjungi .... walaupun sebenarnya saya bukanlah seorang bengkel sepeda motor, tapi ternyata bisa!!! MENGGANTI/MENAMBAH MINYAK REM CAKRAM ....  dan anda pun pasti BISA!!!

Jangan kuatir!!! Sederhana saja koq……


a.  Alat yang dibutuhkan ;

1.  Obeng kembang (plus) ukuran sedang untuk membuka tutup box minyak rem
2.  Air bersih untuk membersihkan sisa/barangkali dan sering terjadi tumpahan minyak rem
3.  Lap basah  untuk membersihkan minyak rem apabila tumpah
4.  Selang kecil transparan untuk memeriksa udara palsu dari selang rem cakram
5.  Minyak rem Dot3/Dot4 kalau ingin lebih lembut, gunakan DOT4, tapi agak sulit nyari


b. Bila semua alat telah ada disamping motor, maka :

1.  Buka dua baut box minyak rem dengan obeng kembang, biarkan balon karet yang ada didalamya, tapi harus dengan extra lembut yaaah... karena baut ini bukan terbuat dari baja, lebih mudah rusak lubang ples nya bila kita putar terlalu keras atau bila dengan ukuran obeng yang tidak pas ......
2.  Masukkan minyak rem ke dalam box minyak rem secara sedikit demi sedikit / perlahan-lahan
3.  Pasangkan selang pada nipel kaliper rem cakram
4.  Pompa handle rem secara kontinyu sampai terasa keras
5.  Tahan handle rem lalu buka/kendorkan nipel kaliper perlahan sampai ada minyak rem dan gelembung udara yang keluar, lalu keraskan lagi nipelnya
6.  Lakukan langkah e dan f sampai gelembung pada selang sudah hilang dan jarak main handle rem ± 2 – 3 Cm, tambahkan minyak rem apabila kapasitasnya berkurang.
7.  Apabila terjadi kecelakaan/minyak rem tumpah, maka segera lap menggunakan kain yang sudah di celupkan ke dalam air sampai bersih
8.  Setelah hasilnya maksimal, tutup kembali box minyak rem dan cek kembali kekerasan baut-baut master rem dan nipel pada kaliper rem.
9.  Segera bersihkan sisa sisa minyak rem menumpahi bagian sepeda motor yang terbuat dari bahan plastic atau yang di cat, sebab apabila terkena bahan tersebut, maka akan merusak bahan dan catnya.
================================
-    Tarik/INJAK dengan sedikit hentak hentak handle rem, untuk mempercepat kinerja rem, bila sudah terasa keras, boleh dicoba....

Demikian semoga bermanfaat……

bagikan Artikel ini melalui :

3 komentar

  1. hanks gan,,, saya belum mahir buat setel disc pad nya,, sering seret , mampir ya ke Toko Online Aksesoris motor

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks back.... discpad seret ??? saya biasa korek secara manual.... hanya butuh telaten dan filling... udah beberapa kali mampir ke acc.motor.com tapi barang yang saya hendak.. lom ada jua disana

      Hapus
  2. cara penyampaiannya sangat mengena sekali, jadi mudah dipahami

    BalasHapus