LEBIH BAGUS FIREFOX APA CHROME?


Ini hanya sekilas tentang apa yang secara pribadi saya alami selama ini, tentang perbandingan antara Browser yang biasa saya gunakan.

Ada banyak browser yang terinstall pada komputer saya, namun terus terang saja hanya ada dua browser yang sering saya gunakan, bahkan untuk beberapa bulan terakhir, saya gunakan untuk, buka, eksperimen, perbandingan dan pengamatan, hanya dua browser, yaitu firefox dan chrome .

- Tampilan awal google chrome


- Tampilan awal mozila firefox


Selama masa buka, eksperimen, perbandingan dan pengamatan itu, saya memang merasakan beberapa perbedaan antara firefox (mozila) dengan chrome (google), diantaranya :

1. Ukuran file chrome yang terinstall pada komputer saya, jauh lebih besar dibanding firefox, ukuran file chrome mencapai  424,64 MB, sedangkan firefox hanya 50,68 MB (MB = Mega Byte), silakan perhatikan images dibawah ini :


2. Awal buka browser, History/Recent.
Pada awal pembukaan, Chrome lebih berat dari Firefok, karena Chrome menyimpan semua data yang kita buka, baik yang dibuka oleh chrome itu sendiri, maupun file file dalam komputer kita !, khusus untuk tulisan berwarna merah tebal dan cetak miring, saya sarankan hati hati, terutama bila anda buka file yang bersifat rahasia!, karena walaupun kita membuka dalam keadaan offline, tetap akan terrekam oleh chrome! sehingga bila kita/orang lain buka chrome dalam posisi offline, tetap bisa melihat apa yang pernah kita buka, sekaligus juga bisa membukanya kembali melalui chrome offline! (cukup riskan secara offline). Selanjutnya bila kita online, juragan google akan membaca apa yang pernah kita buka itu, INI BERARTI SAMA SEKALI TIDAK ADA PRIVASI!,   buktinya email milik komputer ini dengan nama email yg sama dengan nama komputer ini!, selalu mendapat inbox dari mbah google yang berisi "mungkin anda tertarik ini". Misal saya pernah buka video ular phiton, maka beberapa jam/hari kemudian pada inbox, ada email  dari mbah google yang isinya contoh beberapa video ular, dengan pesan, " mungkin anda juga tertarik menonton ini", Ada positifnya! yaitu kita akan memperoleh banyak referensi pilihan untuk menambah pengetahuan kit, tapi negatifnya ... berarti apa yang kita buka akan terbaca oleh orang lain.

Saran saya, bila kita mengginakan browser chrome, bila kita telah membuka file file tertentu yang kita tidak ingin orang lain mengetahuinya, sebaiknya buka dalam keadaan offline, dan setelah selesai segera buang/ hapus recent, kemudian masih dalam keadaan offline, buka chrome, buka history/riwayat, hapus riwayat yang perlu kita hapus atau hapus semuanya saja!

SAYA HERAN, MENGAPA CHROME MENYIMPAN HISTORY BUKAN DARI CHROME NYA SAJA TETAPI SAMPAI MERAMBAH HISTORY FILE KOMPUTER WALAUPUN KITA BUKA DALAM KEADAAN OFFLINE!

3. Firefox bila telah update ke versi terbaru, selalu tidak bisa baca script tertentu!, misal yang saya punya, script like facebook. Pada chrome versi 24 kebawah bisa menampilkan script like facebook dalam bentuk iframe ataupun html, ketika update ke versi 25, tidak bisa menampilkan html, tetapi bisa menampilkan iframe. Dan ketika saya ikuti update ke versi 26 sampai versi 27 !, tidak bisa menampilkan script like facebook pada blog, baik dalam bentuk html maupun iframe, padahal semua pengaya seperti java, shockwave, flash player, dan masih banyak lagi, selalu  saya update juga (mungkin ada yang tahu solusinya, mohon beri tahu saya), sedangkan Chrome selalu bisa menampilkannya, baik dalam format html maupun iframe.
perhatikan images dibawah ini :

a. chrome, bisa menampilkan script like facebook


b. firefox 27, tidak bisa menampilkan script like facebook


4. Ada yang mengatakan, firefox bisa menampilkan script blink (berkedip), tapi saya hanya bisa melihat itu pada firefox 23 kebawah, sedang versi 24 tidak bisa lagi tampilkan kedip!. Dan chrome kayaknya belum pernah ijinkan menampilkan blinkscript tuh.....


Materi ini 100% referensinya hanya pengalaman saya pribadi selama berselancar di dunia maya, apabila banyak kekurangan atau kekeliruan, mohon maaf dan sangat mengharap masukan dari para pembaca.

Mau pilih mana browser yang anda suka, silakan tentukan pilihan anda sendiri.
Firefox terbaru banyak batasan penggunaan, selalu menanyakan aktifka atau matikan plugin tertentu, walaupun plugin tertentu itu sudah pernah di klik untuk nonaktifkan atau aktifkan selamanya, sering crash, sebentar sebentar not responding, sulit menampilkan script tertentu, sudah diedit pengaturannya, dan sudah bisa menampilkan script tertentu, tapi suatu saat akan kembali ditidakbisakan lagi, tapi itu semua memang  efek dari dedikasi dari firefox yang sedang mengembangkan browser aman, yang penting ukuran file firefox lebih kecil, lebih cepat buka pada awalnya, baik digunakan untuk beliau beliau yang punya posisi sulit sinyal paket data, wabilkhusus untuk yang punya komputer dengan spec kecil.

Ukuran chrome jauh lebih besar, butuh bite yang lebih besar ketika membuka halaman awal, juga hampir tidak mengijinkan kita mengunduh menggunakan download manager (kalau dipaksakan sering terjadi file bisa di unduh tapi isinya=0kb alias kosong,  tapi chrome bisa menampilkan hampir semua script, walaupun untuk blinking (berkedip) dari dulu tidak pernah bisa,  dan bila telah masuk, maka akan terasa chrome lebih mudah digunakan.

Solusi saya selama ini .... saya gunakan keduanya, bila urusan edit mengedit saya gunakan Chrome, dan bila sedang butuh mengunduh, saya copas saja alamatnya ke Firefox dan unduh melalui firefox


yang ingin unduh Chrome versi terbaru install offline silakan klik DISINI
yang ingin unduh firefox (selalu install offline) silakan klik DISINI

Sekian saja, semoga posting ini bisa jadi bahan acuan bagi pembacanya
Terima kasih

bagikan Artikel ini melalui :

4 komentar

  1. kenapa ya firefox sering crash, google chrome suka bermasalah kalau mau buka youtube,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. utk mas Achmad Fazri, terima kasih telah berkunjung,

      SILAKAN BUKA LINK DIBAWAH INI, SEMOGA BISA MEMBANTU
      8 LANGKAH MENGATASI PROBLEM MOZILLA FIREFOX

      Hapus
  2. Anonim9:35 AM

    sekilas info : google, youtube, yahoo dll adalah alat pemantau untuk digunakan pihak "tertentu" dalam jaringan PRISM. hal tersebut masuk dalam agenda 21.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih bang Ano... atas sekilas info nya... walaupun identitasnya Anonim, tapi pasti akan sangat bermanfaat bagi pembaca yang lain juga

      Hapus