PERATURAN MENTERI AGAMA REPUBLIK INDONESIA NOMOR 000912 TAHUN 2013 TENTANG KURIKULUM MADRASAH 2013 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BAHASA ARAB


Seiring ditetapkannya Kurikulum 2013 oleh Kemdiknas, maka Kemenag pun segera menyesuaikan segala sesuatu yang berkaitan dengan Kurikulum baru itu, terutama untuk materi yang berkaitan dengan Pendidikan Agama di Madrasah.
Salah satu langkah yang telah dilaksanakan oleh Kemenag adalah dengan ditetapkannya :


PERATURAN MENTERI AGAMA REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 000912 TAHUN 2013

TENTANG
KURIKULUM MADRASAH 2013
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DAN BAHASA ARAB 


Peraturan yang isinya terdiri atas 3 pasal dan diikuti sejumlah lampiran itu, telah ditandatangi oleh Menteri Agama republik Indonesia, Bapak SURYADHARMA ALI, pada tanggal 09 Desember tahun 2013, dan Diundangkan di Jakarta pada tanggal.... oleh MENTERI HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA REPUBLIK INDONESIA, Bapak AMIR SYAMSUDIN dalam BERITA NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2013 NOMOR….


Adapun isi ketiga pasal yang ditetapkan, kaitannya tentang KURIKULUM MADRASAH 2013 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BAHASA ARAB yang terkandung dalam PERATURAN MENTERI AGAMA REPUBLIK INDONESIA NOMOR 000912 TAHUN 2013, sebagai berikut :



Menetapkan : KURIKULUM MADRASAH 2013 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BAHASA ARAB
Pasal 1

(1) Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah dilaksanakan berdasarkan Kurikulum 2013 yang berlaku secara nasional.
(2) Kurikulum Madarasah 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah mencakup Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum, Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Penilaian Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab.
(3) Kurikulum Madarasah 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tercantum dalam lampiran yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia.

Pasal 2 
Dengan berlakunya Peraturan Menteri Agama ini, maka Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia  Nomor 02 Tahun 2008 Tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah, dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.


Pasal 3 
Peraturan ini mulai berlaku pada tahun pelajaran 2014/2015. Agar setiap orang mengetahuinya, memerintahkan pengundangan Peraturan Menteri ini dengan penempatannya dalam Berita Negara Republik Indonesia.

Lampiran PERATURAN MENTERI AGAMA REPUBLIK INDONESIA NOMOR 000912 TAHUN 2013  TENTANG  KURIKULUM MADRASAH 2013  MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM  DAN BAHASA ARAB , terdiri atas 7 bab, baru akan saya upload nanti malam, sama sekali saya tidak berniat dengan sengaja atau tidak sengaja untuk mengubah isi dari PERATURAN MENTERI AGAMA REPUBLIK INDONESIA NOMOR 000912 TAHUN 2013  TENTANG  KURIKULUM MADRASAH 2013  MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM  DAN BAHASA ARAB tersebut, tetatpi hanya sebab setelah saya perhatikan masih banyak tabel yang berantakan ukurannya antara satu tabel dengan tabel yang lain, juga akan saya benahi terlebih dahulu, tata letak halaman, serta penggalan ayat AlQuran maupun AlHadits, yang karena faktor setting office bisa menjadi  terbolak balik.


Tujuan lain saya mengatur tata letak halaman hanyalah agar kita lebih mudah memilih materi tertentu untuk di print, bagi yang masih membutuhkan,tunggu yaaaa.... dan bagi yang sudah punya... tetep download dong... dan bandingkan hasil edit (bukan isi) saya, terutama bila kita ingin print yang kita butuhkan, dan yang tidak kalah pentingnya adalah penggalan ayat/hadits yang sudah saya tata kembali
selamat menungguuuuu.....
===================================================
heheheheh sudah jadi nih.....tapi yang saya edit hanya sampai standar isi MI saja.... maaf kepada MTs dan MA....(bukan jangkauan saya) heheheh.....


=====================================================
update materi!!!
sehubungan dengan adanya beberapa sahabat yang menginginkan Struktur kurikulum 2013 yang bisa di unduh sesuai kebutuhan, maksudnya diunduh menurut tingkat satuan pendidikan, maka setelah saya berusaha meng EDIT (pisahkan) sesuai Tingkat Satuan Pendidikan, (MI, MTs dan MA) dengan ini saya tambahkan link download struktur kurikulum 2013 mata pelajaran Agama Islam dan Bahasa Arab untuk :

MI silakan UNDUH DISINI

MTs silakan UNDUH DISINI

MA silakan UNDUH DISINI

=====================================================

dan silakan edit sendiri tentang beberapa tulisan arab yang terbolak balik disana..... hanya saja saya sarankan agar hati-hati/sebaiknya hindari tekan spasi atau enter atau edit... ketika pas pada tulisan huruf arab!!!!sebab akan semakin kacau ejaan arab tersebut..... atau jangan klik save/simpan dan ketika tutup data ini dari word jangan simpan perubahan....  biarkan tetap asli

Demikian.....



bagikan Artikel ini melalui :

8 komentar

  1. nice sob...!!! ditunggu kunjungan baliknya ya!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. yo... makasih & langsung go nich.....

      Hapus
    2. blog sobat berat banget,,,.. gak tahu kenapa kompi saya sampe bunyi nyesssssssssssssss kerja CPU= 100%

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. buku guru dan buku siswanya sudah ada apa belum pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya belum atuh pak!
      (mungkin spt biasa(lemot)gituh)

      Hapus
  4. matur nuwun terima kasih

    BalasHapus