BELAJAR NULIS JAWA MENGGUNAKAN APLIKASI CARAKAN v1.0.1


Kata paling awal yang harus saya tulis sebagai pembuka posting kali ini adalah permohonan maaf dan hatur terimakasih kepada Panjenenganipun Raden Bayu Kusuma Purwanto, Piyantun yang menciptakan carakan versi 1.0.1, sebuah Aplikasi bersifat GRATIS dan digunakan untuk kepentingan nonKOMERSIAL. Terlalu lama saya menyimpan flie tersebut, jadi saya sudah lupa dulu download melalui situs mana, akhirnya kini saya upload
sendiri, dan sebenarnya juga dulu saya download ada dua macam aplikasi penulis aksara jawa itu, tetapi maaf juga, karena aplikasi yang satu, yang lebih lengkap, dan tentunya lebih besar ukuran file nya, serta kalau tidak salah ketika saya install terdeteksi mengandung virus, makanya saya buang aplikasi itu, dan dengan sukacita saya hanya menyimpan sekaligus tadi barusan saya upload ke indowebster, aplikasi yang minimalis, yang hanya bisa menulis aksara jawa saja, ukurannya juga fantastis! kurang dari 2 megabyte.

Kedua, saya juga mohon maaf kepada pengunjung  mia     yang berdomisili di jawa tengah bagian tengah dan timur!, saya tahu dan percaya 100% bahwa panjenengan semua sudah tidak membutuhkan aplikasi ini, karena saya tahu dan percaya 100% bahwa personel yang berdomisili di seputaran itu sudah hapal diluar kepala tentang materi "NULIS AKSARA JAWA", dan ketika saya melihat statistik pengunjung  mia , nyata benar bahwa persentase terbesar adalah pengunjung yang berasal dari wilayah tersebut.

Lalu kenapa tetap saja saya posting materi ini ????
Terus terang, sasaran posting saya kali ini adalah personel yang berdomisili di jawa tengah bagian barat, dimana di wilayah tersebut, diakui atau tidak, kenyataannya akhir akhir ini telah mulai memudar, semangat untuk mempelajari materi "NULIS AKSARA JAWA", bahkan pada teritorial tertentu untuk materi Bahasa Jawa secara keseluruhan. faktor utama adalah lingkungan yang tidak mendukung, juga tak kalah mendukungnya adalah bahwa di sekolah/madrasah hanya diberi jatah 1 atau 2 jam per minggu, bayangkan saja buku setebal itu ditelaah hanya dalam 70 atau 80 menit setiap minggu ??? tidak mungkin berhasil!!! kecuali bila adat istiadat lingkungan sekitar mendukung.

carakan versi 1.0.1 adalah aplikasi konversi untuk  menulis AKSARA JAWA, ke tulisan latin dan sebaliknya. Sistem kerjanya bila kita menulis dalam bentuk huruf latin maka akan muncul tulisan dalam bentuk AKSARA JAWA nya, dan bila kita menuliskan AKSARA JAWA maka akan muncul tulisan latinnya.

untuk pemanfaatan aplikasi ini kita harus install dulu ke komputer kita, caranya dengan klik 2x file SETUP.exe, maka akan muncul popup seperti ini,


setelah kita klik Next, berikutnya akan muncul popup seperti ini,



setelah klik Saya setuju lalu klik Next, maka akan muncul seperti ini,



isi saja Name dan Company sesuai keinginan, lalu klik Next, maka akan muncul,


klik Next....... akan muncul pilihan,


biarkan saja telah dipilih Install shortcuts for current user only, saya percaya jarang pengunjung  mia     yang punya satu komputer digunakan untuk beberapa nama pengguna, tapi kalau memang ada dan ingin agar aplikasi ini bisa digunakan oleh semua nama pengguna, maka silakan pilih Make shortcuts available for all users. lalu klik Next......


langsung saja klik Next....

tunggu beberapa detik akan muncul 


klik Finish berarti selesai proses installasi

Tidak langsung terpasang shortcuts pada desktop!???
ini sesuai kesukaanku...hehehehe

cara buka aplikasi,.... melalui star menu --> all program, klik folder Carakan --> klik Carakan



apabila ingin membuat shortcut pada desktop, maka klik kanan Carakan lalu pilih Send To ===> Desktop (create shortcuts), maka akan muncul shortcuts pada desktop.

Pemanfaatan Aplikasi carakan v1.0.1 :



bagi yang berminat silakan unduh DISINI

Demikian Tentang BELAJAR NULIS JAWA MENGGUNAKAN APLIKASI CARAKAN v1.0.1
semoga bisa bermanfaat.

bagikan Artikel ini melalui :

Tidak ada komentar