APLIKASI PENGOLAH NILAI UJIAN AKHIR MADRASAH IBTIDAIYAH


Assalamu 'alaikum WR. Wb.
Ketemu lagi dengan blog mia, dan kali ini blog mia akan berikan contoh (kalau mau juga silakan dipergunakan), sebuah Aplikasi dalam bentuk "Worksheet Excel",
yang memiliki fungsi untuk mempermudah kerja kita dalam mengolah nilai ujian akhir Madrasah Ibtidaiyah. Walaupun Ujian Akhir Madrasah masih cukup lama, tetapi tidak ada salahnya bila kita lebih awal mencoba "Aplikasi Pengolah Nilai Ujian Madrasah Ibtidaiyah" ini, hitung hitung sambil belajar menggunakan dulu, dan barangkali ada kekeliruan dalam programnya, maka bisa diberitahukan kepada saya, sehingga akan saya perbaiki.

BARU!!!

Worksheet excel ini sudah saya olah sedemikian rupa, sehingga banyak point point yang biasanya merepotkan kita dalam meng input nilai Ujian Akhir Madrasah Ibtidaiyah, menjadi lebih mudah, karena kita hanya perlu mengisi :

1. Data Awal,
2. Nilai Raport,
3. Nilai UAMBN,
4. Nilai UMI,
5. Nilai UP dan
6. Nilai UN.

A. Input Data Awal, yang dimaksud data awal disini, adalah format dimana kita akan mengisikan identitas Penyelenggara Ujian dan Identitas Peserta Ujian. disana box pesan yang berisi tentang tata cara mengisi, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, misal pada kolom NISN, usahakan agar sebelum di copy paste ke kolom tersedia, NISN di atur dulu pada excel yang lain, sampai pada format shell dalam bentuk TEXT, setelah tercipta NISN dalam format sheel "TEXT" barulah boleh di copy paste ke kolom disediakan. Juga kolom tanggal lahir, harus ikuti petunjuk disana, Arahkan cursor mouse ke shell berwarna merah berisi tulisan NISN atau Tanggal Lahir (pada KOP data), maka akan muncul pesan petunjuk.

B. Input Nilai Raport, sebuah format yang sudah disusun agar kita lebih mudah dan betah dalam meng input nilai Raport Peserta Ujian mulai dari semester 7 sampai semester 12, ingatlah bahwa salah satu pekerjaan yang cukup membuat kita kelelahan adalah menginput data nilai raport peserta ujian, terutama bagi Madrasah Ibtidaiyah yang memiliki cukup banyak peserta ujian, karena menginput nilai raport dari kelas 4 sampai kelas 6, jelas jelas tidak bisa di copy paste, kita harus mengetik satu demi satu. Untuk input nilai raport, saya buat format dengan rentang 0-100, ini mengacu pada tahun tahun sebelumnya. Bila nantinya ternyata di tahun 2014 ada perubahan, maka beberapa sistem dalam aplikasi ini juga ada yang harus dirubah. isi dengan nilai 60, 62, 75, 81, jangan mengetik nilai raport dengan 2 desimal seperti 6,00 - 6,20 - 7,55. Bila nila pada raport sudah terlanjur berupa format nilai 0-10, maka tinggal dikalikan 10, bila format nilai pada raport merupakan format 2 desimal, maka dibulatkan dulu kemudian dikali 10, misal pada raport tertulis nilai 7,24 - dibulatkan menjadi 7,2 dikali 10 menjadi 72, maka kita ketik nilai 72 pada Aplikasi ini. Misal lagi pada raport tertulis nilai 7,25 - dibulatkan menjadi 7,3 dikali 10 menjadi 73, maka diketik 73 pada Aplikasi ini.

C. Untuk Input Nilai UAMBN, UMI, UP dan UN, bila kita sudah punya pada excel yang lain, maka kita bisa copy paste dari sana, bila ingin menjaga agar format dalam "Aplikasi Pengolah Nilai Ujian Madrasah Ibtidaiyah" tidak berubah, maka kita bisa memilih paste dengan pilihan "Paste Values". Bila akan meng input dengan ketikan, perlu diketahui bahwa forma disana suda saya atur menjadi 2 desimal (dua angka dibelakang koma), maka pengetikan bisa seperti ini :

nilai 7,00 - kita cukup mengetik 7 langsung enter, maka akan otomatis menjadi 7,00
nilai 8,50 - kita cukup mengetik 8,5 langsung enter, maka akan otomatis menjadi 8,50
nilai 9,25 - kita harus mengetik secara keseluruhan

D. Keuntungan, yang dimaksud keuntungan dari bila kita menggunakan "Aplikasi Pengolah Nilai Ujian Madrasah Ibtidaiyah" adalah kita tidak perlu mengisi :

a. "ANALIS", karena format ANALIS NILAI akan secara otomatis terisi oleh sistem kerja "Aplikasi Pengolah Nilai Ujian Madrasah Ibtidaiyah" ini.

b. Kita tidak usah menyusun Nilai Madrasah (NM) atau yang sering disebut Nilai Sekolah (NS), yang rutin kita dimintai datanya oleh UPTD Kecamatan, format ini juga akan terisi secara otomatis.

c. Data Nilai Raport mata Pelajaran UN ( Bahasa Indonesia, Matematika, IPA) dan NS yang biasa kita Upload, juga terisi secara otomatis dalam "Aplikasi Pengolah Nilai Ujian Madrasah Ibtidaiyah" ini.

d. BONUS. heheheheh... bonus dimaksud adalah bahwa dengan "Aplikasi Pengolah Nilai Ujian Madrasah Ibtidaiyah" ini kita akan secara otomatis memperoleh nilai sesuai format IJAZAH dan format SKHUAMBN, jadi dengan format ini kita bisa lebih mudah dalam menyusun Ijazah dan SKHUAMBN, karena formatnya juga sudah di buat sedemikian rupa agar sama persis dengan IJAZAH dan SKHUAMBN.

eh!!! panjang banget saya bercerita, sebaiknya kita lihat dulu seperti apa tampilam halaman awal "Aplikasi Pengolah Nilai Ujian Madrasah Ibtidaiyah" :





Tampilan halaman yang harus diisi :

1.  ISI DATA SISWA


Ada Bonus Rekap data Peserta Ujian per Usia per Jenis Kelamin

2. Peingisian nilai Raport

3. 4. 5. 6.  ISI NILAI UAMBN-UMI-UP-UN





Tampilan halaman terisi secara otomatis :

1. ANALIS NILAI UJIAN


2. Nilai Sekolah (NS)



3. NILAI RAPORT MAPEL UN




4. BONUS FORMAT NILAI IJAZAH



5. BONUS FORMAT NILAI SKHUAMBN




FORMAT IJAZAH DAN SKHUAMBN SUDAH DIATUR TATA LETAK DAN SETTING HALAMAN PRINTING NYA, JADI LANGSUNG PRINT SAJA, LALU DIGUNAKAN UNTUK MENYALIN KE IJAZAH DAN SKHUAMBN



Proses pembuatan "Aplikasi Pengolah Nilai Ujian Madrasah Ibtidaiyah" ini tidaklah sulit, hanya saja membutuhkan ke "TELATEN" an dan ke "TELITI" an yang luar biasa, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama, tapi "Aplikasi Pengolah Nilai Ujian Madrasah Ibtidaiyah" ini sebenarnya sudah saya miliki sejak Ujian Akhir madrasah Ibtidaiyah tahun 2011, dan pada tahun 2013 sempat saya abaikan. Karena ada sedikit perubaha aturan, yang biasanya nilai raport hanya semester 7-11 menjadi 7-12, serta akan munculnya kurikulum 2013, pikir saya mungkin "Aplikasi Pengolah Nilai Ujian Madrasah Ibtidaiyah" ini, akan tidak ada gunanya. Kehendak berkata lain, ketika saling temu antar banyak rekan, di acara sosialisai SKP, ternyata ada beberapa rekan guru yang masih ingin menggunakan, makanya kini dengan sedikit langkah, untuk menyesuaikan nilai raport semester 12, jadilah "Aplikasi Pengolah Nilai Ujian Madrasah Ibtidaiyah" seperti ini.

Mohon maaf untuk rekan rekan yang kemarin sempat meminta, tapi tidak saya berikan, karena saat itu "Aplikasi Pengolah Nilai Ujian Madrasah Ibtidaiyah"  belum jadi, dan lagi kemarin saya lagi malas bila harus kerja extra (membantai virus virus yang bersarang di Flashdisk rekan rekan), serta yang paling penting adalah agar rekan rekan download saja di blog mia, hitung hitung menambah jumlah pengunjung, kan keren!!!! hehehehe.....

Terakhir, walaupun pada proses pembuatan "Aplikasi Pengolah Nilai Ujian Madrasah Ibtidaiyah" ini cukup menyita waktu saya, tapi dengan bangga saya berikan free, bayarannya persahabatan dan kebanggaan saya yang paling utama adalah bila rekan yang sudi menggunakan "Aplikasi Pengolah Nilai Ujian Madrasah Ibtidaiyah" ini, merasa sedikit diringankan pekerjaannya.

Saya batasi jumlah rekan yang mendownload "Aplikasi Pengolah Nilai Ujian Madrasah Ibtidaiyah" ini, yaitu hanya untuk rekan rekan pengelola Madrasah Ibtidaiyah saja!, heheheh sebab selalin itu "Aplikasi Pengolah Nilai Ujian Madrasah Ibtidaiyah" ini tidak match, dan satu lagi saya batasi hanya untuk rekan rekan yang sudi menggunakan saja titik  dan maaf tidak bisa ditawar.
Untuk tida terlalu menyulitkan, sengaja saya buat "Aplikasi Pengolah Nilai Ujian Madrasah Ibtidaiyah" ini menjadi 4 kriteria :

1. untuk MI yang peserta ujiannya antara 1-25 siswa,
2. untuk MI yang peserta ujiannya antara 26-50 siswa,
3. untuk MI yang peserta ujiannaya antara 51-75 siswa dan
4. untuk MI yang peserta ujiannya antara 76-100 siswa.

silakan rekan pilih link download sesuai jumlah peserta ujian tahun 2014 di MI rekan :



DISINI     untuk MI yang peserta ujiannya antara 26-50 siswa



Mohon maaf kepada pak Amir... tetap melewati Adf.Ly... soalnya itu sumber recehan saya pak, hehehe
mudah kok pak... tinggal lihat pojok kanan atas, tunggu sampai lima detik, lalu akan muncul popUp bertuliskan    SKIP AD    bila browser berbahasa Inggris, atau bertuliskan     LEWATI    bila browser berbahasa Indonesia. klik saja kotak kuning bertuliskan    SKIP AD   atau    LEWATI    itu , maka akan masuk ke Indowebster. Bila masih bingung download lewat Indowebster silakan pelajari dulu DISINI

Bagi rekan yang ingin "Aplikasi Pengolah Nilai Ujian Madrasah Ibtidaiyah" yang pas sesuai jumlah peserta ujian, silakan tinggalkan pesan di kolom komentar, dengan menyertakan jumlah peserta ujiannya.

Untuk mencoba penggunaanya, silakan isi lengkap salah satu siswa, mulai dari data awal, nilai raport, uambn, umi, up dan un, atau copy paste saja semua data nilai siswa anda yang sudah lulus di tahun 2013, masih ada kan arsipnya?

Aplikasi ini saya sebarkan sama sekali bukan untuk unjuk gigi, tapi hanya sekedar share, berbagi, dan yang paling penting agar anda yang di Madrasah punya tugas tambahan sebagai tenaga IT, anda yang mau dan bisa mengoperasikan komputer, atau anda yang jadi guru+punya komputer sendiri, menjadi lebih semangat dalam mengajak rekan rekan guru yang kebanyakan malas/tidak mau/nervouse/alasan sudah tua/dll. agar mau beliau beliau mau berusaha untuk bisa, dengan alasan mia yang tidak pernah kursus buktinya juga bisa. heheheheheh, (tapi serius nih), karena kedepan semua guru MI di tuntut, untuk bisa, bukan seperti sekarang, yang bisa hanya satu atau dua guru saja (operator/TU). Semoga bisa!

Demikian tentang "Aplikasi Pengolah Nilai Ujian Madrasah Ibtidaiyah", semoga Ujian Akhir tahun 2014 tidak berubah formatnya dari tahun 2013, sehingga akan lebih banyak rekan rekan yang bisa memanfaatkan "Aplikasi Pengolah Nilai Ujian Madrasah Ibtidaiyah" ini, terima kasih

Wassalamu 'alaikum Wr. Wb


bagikan Artikel ini melalui :

20 komentar

  1. Mas, untuk MI yang peserta ujiannya antara 26-50 siswa, nomor setelah nomor 30 langsung loncat ke nomor 41, jd 31 - 40 ga keluar. Kalo dah dibenahin, kabarin sy ya... mksh (ato jk sy yg g bisa pake, tlong diajari... hehehe)

    k4ng4hid@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kang ahid...
      memang ada kesalahan edit untuk 26-50 siswa.... sebenarnya semuanya bisa juga menggunakan 75-100,
      tapi kasihan nanti bobot file nya terlalu besar,
      makanya saya beri kategori gicu kag ahid,
      makasi yoooo atas kunjung dan koreksinya
      disamping sudah saya upload kembali
      (via ziddu tapi... cz indowebster lg maintenance)
      khusus kang ahid sudah tak kirim via email....
      hehehehe juga!
      gak sah diajarin tooo
      asal ngisi sesuai telunjuk! eh petunjuk ,,, pasti bisa!!!!

      Hapus
    2. halo k4n9 4h1d....untuk Pengolah Nilai US-MI 2014 sudah di sediakan .... silakan k4n9 4h1d klik link yang saya sediakan diatas

      Hapus
  2. Assalamualaikum wr.wb! Alhamduliilah, aplikasi pengolahan nilai US sangat bermanfaat, AKAN TETAPI ( KATA TIMBUL ) saya di SD , Mapel berbeda, mohon bantuannya Pak Hamid! matur suwun
    uxink59@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. www
      sebenarnya pernah buat untuk SD di tahun 2011 pak
      tapi sekarang sudah lupa nyimpennya pada folder yang mana
      ntar kalau ketemu sekalian diubah raport sampai semester 12 dan rumus nilai menjadi 70% 30%
      akan saya kirim via email pak
      tunggu ya pak
      semoga cepet ketemu

      Hapus
    2. SUDAH DIKIRIM PAK
      BARANGKALI MASIH DIBUTUHKAN
      SILAKAN BUKA INBOK PAK

      Hapus
    3. TERIMA KASIH KIRIMANNYA PAK HAMID, SANGAT BERMANFAAT BAGI KAMI!

      Hapus
    4. SAMA SAMA BAH,
      BARANGKALI AKAN ADA EDITING, SUDAH SAYA SERTAKAN PASSWORD UNPROTECT NYA

      TAPI SEBAIKNYA TETAP MENYIMPAN FILE ASLI YANG MASIH DI PROTECT, UNTUK JAGA JAGA BARANGKALI SETELAH DI EDIT MUNCUL ERROR

      Hapus
  3. Terima kasih Pak Hamid, saya tunggu kirimannya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. sm2 bah

      sudah ketemu
      tinggal mengintip waktu luang untuk editsesuaikan dengan US 2014 pak

      Hapus
    2. SUDAH DIKIRIM PAK
      BARANGKALI MASIH DIBUTUHKAN
      SILAKAN BUKA INBOK PAK

      Hapus
  4. Pak mohon maaf...untuk skolah kami kolom pada mata pelajaran kurang satu..mohon solusinya...email kangadien@yahoo.com

    BalasHapus
  5. Pak mohon maaf...untuk skolah kami kolom pada mata pelajaran kurang satu..mohon solusinya...email kangadien@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. di unprotect dulu

      - untuk menambah kolom
      klik pada sheel dibelakang sheel yang akan ditambahkan,
      (misal akan menambah kolom aswaja didepan Bahasa daerah, maka yang di klik sheel kolom bahasa daerah, sebaiknya pada baris nilai bahasa daerah yang di klik)
      lalu pada tab home pilih insert, lalu klik pada insert Sheet Coloums

      - untuk menambah baris (pada Raport)
      klik pada baris dibawah baris yang akan ditambahkan,
      (misal akan menambah baris aswaja diatas baris Bahasa daerah, maka yang di klik sheel baris bahasa daerah, sebaiknya pada baris nilai bahasa daerah yang di klik)
      lalu pada tab home pilih insert, lalu klik pada insert Sheet Rows

      untuk jelasnya insy Allah akan dikirim penjelasan bergambar via email

      Hapus
    2. o iya hampir lupa
      bahwa bukan hanya sekedar menambah kolom saja
      tapi juga harus memasukkan rumus rumus untuk tiap sheel yang baru ditambahkan itu, jadi sebaiknya berikan info kepada saya tentang kolom tambahan itu :
      ditambahakan dimana?
      isi pada kolom tambahan itu tentang apa?
      demikian ditunggu infonya
      bila info sudah jelas bagi saya
      akan segera saya buatkan dan langsung dikirim via email

      Hapus
  6. Pak aplikasi uda saya trima tapi saya coba untuk edit tidak bisa mohon solusinya...trus tlng mapel BTQ tolong di ganti dg mapel Kemuhammadiyahan dan yg tambahan satu kolom tolong di ganti Mapel TIK...dan mohon paswot nya pak..mohon solosinya pak...email
    Kangadien@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa 'alaikumussalamu wr. wb.
      Semoga Pak Eris,
      Untuk Aplikasi versi yang terakhir pada link mia diatas, sudah saya buat sedemikian rupa sehingga (lah kepanjangen ya pak!)
      coba saja pak Eris buka halaman " ISI DATA PESERTA DAN PENYELENGGARA", dibawah kolom rekap data siswa ada nama nama mapel, silakan coba iseng iseng pak Eris edit sesuka hati dulu, dan lihat pada halaman2 lain, pasti nama mapel di semua halaman akan seperti yang pak Eris tulis dalam kolom mapel itu
      demikian pak Eris semoga bisa difahami
      ==================================
      BUKA HALAMAN
      " ISI DATA PESERTA DAN PENYELENGGARA"

      LIHAT DISEBELAH KANAN AGAK KEBAWAH SEDIKIT

      TEPATNYA DIBAWAH
      REKAP DATA JENIS KELAMIN
      DAN
      REKAP DATA per USIA

      DIBAWAHNYA PASTI ADA KOLOM HITAM
      BERISI NAMA URUTAN MATA PELAJARAN
      DARI NOMOR 1 SAMPAI NOMOR 16
      DISEBELAHNYA ADA SKL

      SILAKAN UBAH :
      - NO. 15:BTQ MENJADI KEMUHAMMADIYAHAN
      - NO. 16: ..... MENJADI TIK
      - SKL PER MAPEL SILAKAN DISESUAIKAN
      ===========================
      YANG DI EDIT CUKUP DISITU SAJA
      LALU BUKA SEMUA HALAMAN LAIN
      PASTI AKAN IKUT BERUBAH SEMUANYA
      ================================

      HALAMAN YANG LAIN HANYA BISA ISI NILAI

      TIDAK BISA DI EDIT,
      TAPI SEMUANYA AKAN MENGIKUTI EDITAN HALAMAN TERSEBUT

      Hapus
  7. ass.wr.wb.pa hamid, aplikasi ini sangat membntu bagi kami yg mengajar d MI, boleh kami mau minta paswod utk me edit nya yg sesuia kepelrluan kami sprt 70% dan 30%pa atau menambah yg lainya, terima kasih byk pa, mhn dikirmkan ke email ar.arsyad81@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan buka inbox, password unprotect sudah dikirim

      Hapus
  8. Pak minta pass. Unproctect juga (alfonsletelay@gmail.com)

    BalasHapus