SIMBOS.KEMENAG antara kewajiban dan kesulitan


Setelah cukup lama kita disibukkan oleh EMIS (Educational Management Information System) ONLINE (sekarang sedang ERROR dan kata info dari portalnya sedang masa Cleaning), tahun 2013 Kemenag melanjutkan kegagahan dibidang Informasi dan Teknologi, atau yang biasa kita sebut IT (ai-ti) nya, yaitu dengan menelorkan lagi Aplikasi baru bernama SIMBOS (Sistem Informasi Manajemen perencanaan, monotoring dan pelaporan BOS) ONLINE juga.

Dipandang dari sudut IT
...... sungguh luar biasa kemajuan di bidang IT yang di raih Kemenag, bayangkan saja, disaat lembaga pendidikan yang berada dibawah naungan “Kementerian Pendidikan” masih sibuk dengan data manual (print out dan paling banter soft copy dalam bentuk CD atau Flashdisk), kita telah lama menggunakan laporan data dalam bentuk Digital Online!


Kita bisa merasakan bangga dengan keadaan seperti itu (walau kebanggaan sesaat), karena dalam perjalanannya sering sekali terjadi ERROR APLICATION, HANG,CRASH dan lain-lain, belum lagi soal layanan data dari penginput yang berada di berbagai posisi!!, tentu saja dan sangat dipastiakan akan ada beberapa Madrasah/Pontren yang mendapat layanan data yang bagus, tapi perlu diingat juga bahwa pada kenyataan dilapangan banyak sekali Lembaga-lembaga tersebut yang berada di peloksok, jauh dari perkotaan, disana... jangankan layanan data, signal untuk SMS saja sangat sulit atau bahkan tidak ada sama sekali!, ditambah lagi tenaga ahli dibidang IT pasti akan sulit ditemukan disana, kalaupun ada lulusan S.Kom (Sarjana Komputer) tapi tetap akan kesulitan merekrut, karena kalaupun mereka siap! tapi kita juga seperti tidak tega memberi honor misal Rp. 300.000,00/bulan..... padahal kesempatan mereka untuk bisa memperoleh sepuluh kali lipat dari itu terbuka luas, yaaaah akhirnya dengan sangat terpaksa dan sangat dipaksakan dipergunaklanlah tenaga guru (Agama) untuk dijadikan tenaga ahli IT karbitan atau SULAPAN.

Ya sudah lah ... tenaga ahli IT sulapan juga tidak mengapa .... dari pada tidak ada sama sekali.... hehehehehehe yang dibahas duluan malah poin yang terakhir, gak papa lah... yuk kita kembali pada poin yang pertama, yaitu masalah pada kedua Aplikasi itu tadi (EMIS dan SIMBOS).

Bahas EMIS dulu ya, masih ingatkah ketika kita meng input data siswa???? Disana banyak sekali pilihan data dalam bentuk pick, misalnya alamat siswa, kita harus memilih pick mulai dari pilih propinsi (Bahasa Indonesia “Propinsi” kalau “Provinsi” ada di tata bahasa Inggris) tapi kebanyakan menuliskan Provinsi, eeeeh malah bahas EYD lagi.

Yuk kembali ke laptop, pilih pick Kabupaten, Pilih pick Kecamatan, baru ketika kita masukkan input Desa, kita diberi kesempatan untuk menulis sendiri, sekilas itu sangat bagus, tapi pada kenyataannya.... beda mas, begini .... kalau kita sudah memilih Propinsi kita harus menunggu sampai pilihan pick Kabupaten muncul, baru kita pilih pick Kabupaten, setelah kita pilih pick Kabupaten maka kita juga harus menunggu sampai pick Kecamatan muncul baru kita pilih pick Kecamatan, ya kalau signal lagi bagus, kalau signal lagi hang, atau kalau sedang jam sibuk sehingga pelayanan data sangat sibuk.... dijamin setelah kita pilih pick Propinsi maka saat untuk menunggu muncul pick Kabupaten bisa memakan waktu 5 sampai 10 menit.

Yup!!!    Itu baru alamat siswa, kan pada alamat orang tua siswa juga seperti itu (sama saja), maka bisa dibayangkan, berapa lama waktu yang dibutuhkan hanya untuk meng input kan seorang siswa. Dan bagaimana bila jumlah siswa mencapai 400??? Kapan selesainya?, sedang tenaga IT nya cabutan dari seseorang yang tugas sebenarnya adalah Mengajar, pertanyaan terakhir “KAPAN MENGAJARNYA?”  Bila sibuk terus denga input data.

Dan kendala yang tidak bisa ditawar oleh kita sebagai peng input data adalah bahwa hardware  pada pusat Aplikasi EMIS masih kurang memadai, akibatnya bila sedang banyak yang menginput data secara bersamaan (se Indinesia Loh!) pasti disana tidak mampu menampung dengan sempurna, maka walaupun disininya menggunakan layanan data yang super cepat, tenaga ahli IT nya profesor komputer sekalipun pasti tetap akan kesulitan, saya tidak mengada-ada ini buktinya aduan saya dan balasan email yang saya terima dari saudara saleh aziz (admin EMIS):



https://ssl.gstatic.com/ui/v1/icons/mail/profile_mask2.png

MI ALFALAHIYAH
30 Mei (6 hari yang lalu)
https://mail.google.com/mail/images/cleardot.gif

https://mail.google.com/mail/images/cleardot.gif
https://mail.google.com/mail/images/cleardot.gif
ke saleh_aziz
https://mail.google.com/mail/images/cleardot.gif

Assalamu alaikum wr. wb
sebelumnya kami mohon maaf kepada saudara

barangkali saudara juga aktif di SIMBOS.KEMENAG

seperti halnya waktu di EMIS

Begini yang ingin kami tanyakan/mintakan

KKMI kami (Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes) terlambat mengadakan sosialisasi SIMBOS

sehingga kami semua (MI se kecamatan Sirampog) juga telat untuk mengetahui cara mengakses aplikasi tersebut dan lebih menyedihkan lagi ketika sosialisasi diselenggarakan oleh KKMI Sirampog, pas Portal SIMBOS OFFLINE

cukup lama dengan informasi "sedang dalam perbaikan



dulu, menurut tetangga kecamatan sebelah (Tonjong) untuk upload rincian siswa bisa dengan "import excel" dan katanya bisa upload seluruh rincian data siswa hanya dalam beberapa menit

kini ketika SIMBOS sudah online kembali dan kami sudah bisa mengakses kesana, ternyata tidak ada lagi upload rincian data siswa dengan "import excel"

sesungguhnya sejak dulu ( EMIS) hal seperti ini yang menjadi kendala bagi kami, kami harus mengedit data siswa point per point (sangat tidak nyaman)

apalagi sistem pilihan "pick" bila akses internet sedang sibuk satu buah pilihan pick saja bisa memakan waktu sampai 3 menit bahkan kadang ditunggu sampai 5 menit baru keluar (satu pilihan) bayangkan bila kita harus pilih pick kecamatan, tanggal lahir, bulan lahir, tahun lahir.....rincian satu siswa bisa memakan waktu 2 jam!!!!!! (dulu waktu EMIS)....hal ini yang menjadikan jauh dari harapan sukses!

sekali lagi mohon maaf yang sebesar besarnya dan bila saudara juga aktif di SIMBOS semoga ini bisa menjadi masukan

dan seandainya saudara tidak aktif di SIMBOS kemana kami akan mengadu, sedang email verifikasi juga sifatnya noreplay

semoga saudara  bisa membantu kami agar SIMBOS membuka kembali Upload rincian data siswa melalui "import excel"

sebelum dan sesudahnya kami sampaikan maaf dan hatukan rasa terima kasih

Wassalamu alaikum wr.  wb.



Balasan dari saudara Saleh aziz

https://ssl.gstatic.com/ui/v1/icons/mail/profile_mask2.png

Aziz Saleh
31 Mei (5 hari yang lalu)
https://mail.google.com/mail/images/cleardot.gif

https://mail.google.com/mail/images/cleardot.gif
https://mail.google.com/mail/images/cleardot.gif
ke saya
https://mail.google.com/mail/images/cleardot.gif

walaikumsalam wr wb...
terima kasih atas masukan dan informasinya, namun mhn maaf pak...saya bukan admin SIMBOS...saya juga tidak terlibat apapun thdp aplikasi tsb, namun memang benar saya adalah admin EMIS...sehingga saya tdk memiliki kewenangan apapun untuk menjelaskan tentang SIMBOS...mengenai mengapa emis tidak import by excell spt SIMBOS, kami mendapatkan informasi dari adminnya langsung bahwa...terdapat kegagalan dalan import excel tsb, shg EMIS dari jauh hari TIDAK menggunakan sistem ini, krn memang jauh hari sebelumnya sudah ada yg menggunakan dan hasilnya memang gagal semua, maka kami langsung menggunakan form web online, memang saat itu ada kendala di hardware kami yg masih sangat kurang, shg ketika diakses oleh sekian ribu user saat bersamaan akan terjadi crash alias macet (sudah sering saya jelaskan di EMIS TEAM Facebook)...Namun kami terus berupaya utk menambah hardware supya aketika diakses bisa jauh lebih cepat...Demikian penjelasan kami..Terima Kasih...






tuh kan saya tidak ngarang!!!

Sudah lah.... untuk urusan EMIS, kita beralih ke yang lagi hangat yaitu “SIMBOS”.

Permasalahan awal SIMBOS bagi kami sudah tertuang dalam email yang saya kirimkan kepada saudara saleh aziz diatas, ternyata setelah email itu muncul masalah lagi dan lagi lagi saya tidak tahu kemana harus mengadu, makanya saya tulis saja di BLOG MI AL FALAHIYAH PLOMPONG INI, dengan harapan ada rekan rekan yang bisa memberi pencerahan kepada saya

Kemarin tanggal 1 Juni saya mulai input data siswa, alhamdulillah dalam beberapa menit saya sudah berhasil menginput 25 siswa, kan cukup ringan bila dibandingkan input data siswa EMIS, karena pada SIMBOS hanya meng input :

   1.      Nomor Induk

   2.      NISN

   3.      Nama Siswa

   4.      Pilih L / P

   5.      Tempat Lahir

   6.      Pilihan pick hanya satu (tanggal lahir) dan tidak makan waktu

   7.      Nama ibu

   8.      Kelas

Tapi setelah dirasa-rasa sepertinya Aplikasi pusat sana ada yang kurang beres, saya menggunakan layanan data dengan speed download +-256 kbps dan upload +-128 kbps (sudah berulang ulang saya tes pada telkom speedy speed test, indosat 3g speed test, dan test speed.net serta beberapa layanan jasa test speed yang lain),

Dan bukti paling akurat adalah ketika saya posting artikel dengan tulisan sebanyak  ini pada blog tidak ada kendala!!!!

tapi ketika buka halaman awal SIMBOS terasa sangat berat, dan kadang ketika satu data siswa sudah selesai klik SIMPAN ternyata alot!!!! Kadang gagal dan harus di refresh!. Suatu saat ketika saya klik siswa nomor 26 alot dan aplikasi stand by, yaaaah saya coba refresh.... setelah aplikasi normal kembali... saya lihat nama siswa terakhir di input jadi ganda! Mungkin saya refresh 2 kali????

Dengan tujuan menghapus nama yang ganda sudah saya centang kotak di bagian awal nama siswa tersebut, lalu saya klik HAPUS......ternyata Ammmpuuuuuuun.... 25 data siswa yang sudah saya masukkan hilang semua.... jadi nol deh jumlah siswa saya, padahal saya hanya memberi centang pada satu siswa saja mengapa terhapus semua.... langsung saja saya Log Out/Keluar, matikan laptop dan tidur!!!!

Kalau pada EMIS, saya bisa mengadu pada salah satu Admin tapi untuk SIMBOS saya belum tahu kemana harus mengadu

Tadi sore saya masuk kembali ke SIMBOS saya mulai lagi meng input data dari siswa nomor 1

Waaaaaaaaaaaah sama baru dapat 5 siswa aplikasi crash, pilihnan tambah data siswa menghilang bingung aku.... lalu ketika aku refresh nama siswa yang di upload terakhir ganda..... wes ewes ewes...... coba saya ganti cara saya centang salah satu data nama yang ganda kemudian saya klik edit, lalu asyiiiik...muncul halaman edit....berikutnya saya edit data nama yang tadi ganda tersebut  dengan diisi data siswa nomor 7

Klik SIMPAN HADAHHHHHHHHHHHH..... apa yang terjadi????????????????

Data siswa dari nomor 1 sampai 7 berisi data siswa yang sama (data siswa yang saya masukkan dari kolom edit tadi) seperti ini coba :

    1.      3479    00        Aminudin         Brebes             15/02/2004     Maria Ulfah    1

     2.      3479    00        Aminudin         Brebes             15/02/2004     Maria Ulfah    1

     3.      3479    00        Aminudin         Brebes             15/02/2004     Maria Ulfah    1

     4.      3479    00        Aminudin         Brebes             15/02/2004     Maria Ulfah    1

     5.      3479    00        Aminudin         Brebes             15/02/2004     Maria Ulfah    1

     6.      3479    00        Aminudin         Brebes             15/02/2004     Maria Ulfah    1

     7.      3479    00        Aminudin         Brebes             15/02/2004     Maria Ulfah    1


Langsung Log Out dan nulis ini untuk Posting BLOG

Benar juga apa yang ditulis di mapendapidie.blogspot.com
katanya : SIMBOS dari KITA, untuk KITA, oleh KITA dan membuat pusing kepala KITA


 

Mudah-mudahan ada yang membaca tulisan orang sedang pusing kepala ini, dan memberi solusi kepada saya yang sedang mengalami kendala ............semoga

bagikan Artikel ini melalui :

Tidak ada komentar