SEKILAS TENTANG MADRASAH IBTIDAIYAH



Madrasah Ibtidaiyah (MI) adalah Lembaga Pendidikan setara dengan Sekolah Dasar (SD), berada dibawah naungan Kemenag (dulu namanya DEPAG). Struktur Kurikulum, kwalitas dan kwantitas mata Pelajaran UMUM sama persis dengan yang diterapkan pada SD, mengikuti UN juga sama dan bersama dengan SD.
Yang menjadi perbedaan antara MI dengan SD adalah bahwa pada MI ada tambahan mata pelajaran Agama (Islam), bila pada SD kwantitas mata pelajaran Agama 2 jam pelajaran setiap minggu, maka pada MI kwantitasnya mencapai 10 jam pelajaran, dengan rincian sbb :

1. Al-Quran Hadits                    :  2 jam pelajaran
2. Aqidah Akhlaq                      :  2 jam pelajaran
3. Fiqh                                       :  2 jam pelajaran
4. Sejarah Kebudayaan Islam   :  2 jam pelajaran
5. Bahasa Arab                         :  2 jam pelajaran
bahkan ditambah muatan lokal Agama (Baca Tulis Al-Quran) 2 jam pelajaran, jadi total jam pelajaran Agama dalam satu minggu sebanyak 12 jam pelajaran.
Karena itu sudah pasti untuk setiap harinya siswa-siswi MI akan pulang lebih telat bila dibanding dengan siswa-siswi SD.
Kenyataan itu tentu menjadikan kita lebih berharap bahwa kelak anak-anak kita akan lebih menguasai pendidikan Agama bila kita menitipkan pendidikan dasar anak kita pada sekolah yang bernama "Madrasah Ibtidaiyah"

"tentang MI AL FALAHIYAH PLOMPONG"

Adalah sebuah Madrasah Ibtidaiyah yang telah berdiri sejak tahun 1958, di Desa Plompong Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Propinsi Jawa Tengah. Karena letak geografis yang sangat tidak mendukung, jauh dari keramaian kota, berada di pegunungan yang memuncak se puncak puncaknya, lalu lintas yang sering terhalang oleh perbukitan terjal dan kadang jalan diputus oleh jembatan kali keruh yang sering runtuh karena labilnya tanah disini,  hingga  cukup sulit akses  untuk menuju lembaga atasan,  menjadikan perkembangan (dalam hal Teknologi) sangat lamban. Namun demikian hal tersebut tidaklah membuat kami para pengelola merasa berkecil hati, apalagi PESIMIS!!! tidak layouw!!!!!!

buktinya pada tahun 2007 MI untuk pertama kalinya  mempunyai 1 unit komputer  pentium4 (lumayan lah daripada ra nduwe blas) krn hal ini menyebabkan hampir semua guru bisa melek Komputer yaaaaach maju secuwil mandan ora terlalu gaptek maning walaupun secuwil thok hehehehe.........

Sejauh mata memandang MI Al Falahiyah Plompong cukup diminati , ini tercermin dari sejarah MI yang hingga sekarang dari kelas 1 sampai kelas 6 semua dan selalu 2 rombel untuk tiap kelasnya karena kisaran jumlah murid yang belajar disini antara 50 sampai 90 murid untuk setiap tingkatan kelasnya, tahun ini saja (2013)  kami menjadi SD/MI dengan jumlah peserta UN terbanyak se Kabupaten Brebes. weleh weleh!!!!! Pamer yooooo!!!!!!.....  hihihihi sing penting ojo ndadekno gedhe endas maaf....maaf....maaf...terlanjur nulis...pen di apus kayong eman2 ...hahahahahahaha

Nulis kedawan kayong mipil mumet.....arep nonton motoGP maning gampanggggg kapan2 dilanjut.... sekian dulu lah semoga aja yang namanya MI semakin mendapat animo yang lebih baik dari masyarakat
sehingga MI akan  mampu untuk lebih meningkatkan walitas maupun kwantitasnya
Assalamu 'alaikum Wr. Wb.

bagikan Artikel ini melalui :

Tidak ada komentar